SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XII / 1
Aspek : Al-Qur'an
Standar Kometensi : 1. memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang anjuran bertoleransi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Membaca Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29 | § Q.S. Al-Kafirun § Q.S. Yunus; 40-41 § Q.S. Al-Kahfi; 29 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Membaca Al-Qur'an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi : 29. § Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, Yunus: 40-41, dan Al Kahfi : 29. | § Mampu membaca Al-Qur'an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29 dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, Yunus: 40-41, dan Al Kahfi: 29 dengan benar | Jenis tagihan: Tugas individu Bentuk instrumen: Lembar Pengamatan | 2 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17. - Buku-buku yang relevan. |
1.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29 | § Q.S. Al-Kafirun § Q.S. Yunus; 40-41 § Q.S. Al-Kahfi; 29 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mengartikan per-kata Al-Qur'an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29. § Mengartikan per-ayat Al Kafirun, Yunus: 40-41, dan Al Kahfi : 29. § Mendiskusikan terjemah Al-Qur'an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29. | § Mampu mengartikan per-kata Al-Qur'an surat Al kafirun, Yunus : 40-41 dan Al Kahfi: 29. § Mampu mengartikan per-ayat Al Kafirun, Yunus, 40-41, dan Al Kahfi: 29. § Mampu menterjemahkan Al-Qur'an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29. | Jenis tagihan: Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen: Uraian singkat | 2 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17. - Buku-buku yang relevan. |
1.3 Membiasa-kan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29 | § Q.S. Al-Kafirun § Q.S. Yunus: 40-41 § Q.S. Al Kahfi: 29 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mengidentifikasi perilaku bertoleransi § Mempraktikkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi. § Menunjukkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi. | § Mampu mengidentifikasi perilaku bertoleransi § Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi. § Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi. | Jenis Tagihan: Tugas individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17. - Buku-buku yang relevan. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XII / 1
Aspek : Al Qur'an
Standar Kometensi : 2. memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang etos kerja
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.1 Membaca Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10 | § Q.S. Al-Mujadalah: 11 § Q.S. Al-Jumuah: 9-10 | · Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | · Percaya diri (keteguhan hati, optimis). · Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). · Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) · Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | · Membaca Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. · Mengidentifikasi tajwid Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. | · Mampu membaca Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10 dengan baik dan benar · Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. | § Jenis tagihan: Tugas individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-30. - Buku-buku yang relevan. |
2.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10 | § Q.S. Al-Mujadalah: 11 § Q.S. Al-Jumuah: 9-10 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mengartikan perkata Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah : 9-10. § Mengartikan per-ayat Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah : 9-10. § Mendiskusikan terjemah Al-Qur'an surat Al Mujadalah :11 dan Al Jumuah : 9-10 § | § Mampu mengartikan perkata Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. § Mampu mengartikan per-ayat Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. § Mampu menterjemahkan Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10 | Jenis tagihan: Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen: Uraian singkat | 2 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-30. - Buku-buku yang relevan. |
2.3 Membiasa-kan beretos kerja seperti terkandung dalam Q.S. Al-Mujadalah: 11, dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10 | § Q.S. Al-Mujadalah: 11 § Q.S. Al-Jumuah: 9-10 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | · Mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. · Mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. · Menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10 | · Mampu mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. · Mampu mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. · Mampu menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur'an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10 | Jenis tagihan: Tugas individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-30. - Buku-buku yang relevan. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XII / 1
Aspek : Akidah
Standar Kometensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1 Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir | Iman kepada Hari Akhir. | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir. § Mempraktikkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir. § Menerapkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir. | § Mampu menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir. § Mampu menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir. § Memperbanyak beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari | Jenis tagihan: Tugas individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 31-41. - Buku-buku yang relevan. |
3.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir | Hikmah beriman kepada hari akhir | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mengidentifikasi hikmah yang terkandung dalam beriman kepada Hari Akhir. § Mendiskusikan hikmah beriman kepada hari akhir. § Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah beriman kepada Hari Akhir. § Menunjukkan hikmah beriman kepada Hari Akhir. | § Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir. § Mendeskripsikan hikmah beriman kepada hari akhir § Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir. | Jenis tagihan: Ulangan Bentuk instrumen: Uraian bebas | 2 jam | § - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 31-41. - Buku-buku yang relevan. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XII / 1
Aspek : Akhlak
Standar Kometensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.1 Menjelaskan pengertian adil, rida, dan amal saleh | Adil, Rida dan Amal saleh: § Pengertian Adil § Pengertian Rida § Pengertian Amal saleh | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan | § Mendiskusikan pengertian adil. § Mendiskusikan pengertian rida. § Mendiskusikan pengertian amal saleh. | § Mampu menjelaskan pengertian adil § Mampu menjelaskan pengertian rida § Mampu menjelaskan pengertian amal saleh. | Jenis tagihan: Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen: Uraian singkat | 2 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 42-51. - Buku-buku yang relevan. |
4.2. Menampil-kan contoh perilaku adil, rida, dan amal saleh | Adil, Rida dan Amal saleh: § Contoh perilaku adil § Contoh perilaku rida § Contoh perilaku amal saleh. | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan | § Mempraktikkan contoh perilaku adil. § Mempraktikkan contoh perilaku rida. § Mempraktikkan contoh perilaku amal saleh. | § Menampilkan contoh perilaku adil. § Menampilkan contoh perilaku rida. § Menampilkan contoh perilaku amal saleh. | Jenis tagihan: Tugas individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 42-51. - Buku2 yg relevan. |
4.3 Membiasa-kan perilaku adil, rida, dan amal saleh dalam kehidupan sehari-hari | Adil, Rida dan Amal saleh : § Pembiasaan perilaku adil § Pembiasaan perilaku rida § Pembiasaan perilaku amal saleh. | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan | § Berlatih berperilaku adil. § Berlatih berperilaku rida. § Berlatih berperilaku amal saleh. | § Menunjukkan perilaku adil. § Menunjukkan perilaku rida. § Menunjukkan perilaku amal saleh. | § Jenis tagihan: Sikap individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 42-51. - Buku2 yg relevan relevan. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XII / 1
Aspek : Fikih
Standar Kometensi : 5. Memahami hukum Islam tentang Hukum Keluarga.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
5.1 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam | Ketentuan hukum pernikahan dalam Islam § Rukun nikah § Muhrim § Kewajiban suami istri. § Talak § Ruju' | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mendiskusikan ketentuan hukum Islam tentang nikah. § Mendiskusikan ketentuan hukum Islam tentang talak. § Mendiskusikan ketentuan hukum Islam tentang ruju'. | § Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah § Menjelaskan hukum Islam tentang talak § Menjelaskan hukum Islam tentang ruju'. | Jenis tagihan: Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen: Uraian singkat | 4 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 52-71. - Buku-buku yang relevan. - Buku UU No 1/1974. |
5.2 Menjelaskan hikmah perkawinan | Hikmah perkawinan | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mendiskusikan tentang hikmah pernikahan dalam Islam. § Mendiskusikan tentang hikmah talak. § Mendiskusikan tentang hikmah ruju'. | § Menjelaskan hikmah nikah § Menjelaskan hikmah talak § Menjelaskan hikmah ruju'. | Jenis tagihan: Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen: Uraian singkat | 2 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 52-71. - Buku-buku yang relevan. - Buku UU No 1/1974. |
5.3 Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia | Ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia. | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mencari literatur tentang perundang-undang perkawinan di Indonesia. § Mendiskusikan tentang ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia. § Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia. | § Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia. § Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia. | Jenis tagihan: Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen: Uraian singkat | 2 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 52-71. - Buku-buku yang relevan. - Buku UU No 1/1974. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XII / 1
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kometensi : 6. Memahami perkembangan Islam di Indonesia
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia | Perkembangan Islam di Indonesia. | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan | § Mencari literatur tentang perkembangan Islam diIndonesia. § Mendiskusikan perkembangan Islam di Indonesia. § Menunjukkan manfaat dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia. | § Mampu menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia § Mampu menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia. | Jenis tagihan: Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen: Uraian bebas | 2 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 72-93. - Buku-buku yang relevan. |
6.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia | Contoh perkembangan Islam di Indonesia | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan | § Mengidentifikasi contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia. § Mendiskusikan contoh perkembangan Islam di Indonesia. | § Mampu menentukan ciri-ciri perkembangan Islam di Indonesia § Mampu menunjukkan contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia | Jenis tagihan: Tugas individu Tugas kelompok Ulangan Bentuk instrumen: Uraian bebas | 2 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 72-93. - Buku2 yg relevan. |
6.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia | Hikmah perkembangan Islam di Indonesia. | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan | § Mengidentifikasi perkembangan Islam di Indonesia § Mendiskusikan hikmah perkembangan Islam di Indonesia. § Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah perkembangan Islam di Indonesia. | § Mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di Indonesia. § Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia. | Jenis tagihan: Tugas individu Tugas kelompok Ulangan Bentuk instrumen: Uraian bebas | 2 jam | - Al-Qur'an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas XII, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 72-93. - Buku2 yg relevan. |
Download Filenya Gratis Klik Dibawah
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !