SilabusPAISMABerkarakterKlsXI-1

Friday, 10 May 2013


 
SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  XI / 1
Aspek                              :  Al-Qur'an
Standar Kometensi          :  1.  Memahami ayat-ayat   Al-Qur'an tentang kompetisi dalam kebaikan
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Membaca  Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32

§ Surat Al Baqarah:148
§ Surat Al Fatir: 32
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Membaca dengan fasih Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
§ Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
§ Mampu membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-13.
§ Buku-buku   yang  relevan.
1.2  Menjelaskan arti Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32

§ Surat Al Baqarah:148
§ Surat Al Fatir: 32
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
§ Mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
§ Mendiskusikan terjemah  Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan  baik dan benar
§ Mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-13.
§ Buku-buku
  yang  relevan.
1.3  Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32

§ Surat Al Baqarah:148
§ Surat Al Fatir : 32

§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
§ Mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
§ Menunjukkan perilaku  berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.

§ Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
§ Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
§ Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-13.
§ Buku-buku yang  relevan.



SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  XI / 1
Aspek                              :  Al-Qur'an
Standar Kometensi          :  2. Memahami ayat-ayat  Al-Qur'an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1 Membaca  Q.S. Al Isra:  26–27 dan Q.S. Al-Baqarah: 177

§ Al-Qur'an Surat Al Isra : 26-27
§ Al-Qur'an Surat Al Baqarah : 177
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Membaca  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu membaca  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar  pengamatan
2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 14-27.
§ Buku-buku   yang  relevan.
2.2     Menjelaskan arti  Q.S. Al-Isra: 26-27 dan  Q.S. Al Baqarah: 177

§ Q.S. Al Isra : 26-27
§ Q.S. Al Baqarah : 177
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mendiskusikan terjemah  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177

§ Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu mendiskusikan terjemah  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 14-27.
§ Buku-buku
  yang  relevan.
2.3   Menampil-kan perilaku menyantuni kaum du'afa seperti terkandung dalam  Q.S. Al-Isra: 26-27 dan  Q.S. Al Baqarah: 177


§ Al-Qur'an Surat Al Isra: 26-27
§  Al-Qur'an Surat Al Baqarah: 177
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu'afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra: 26-27 dan Al Baqarah: 177
§ Mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu'afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra: 26-27 dan Al Baqarah: 177
§ Menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh'afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra: 26-27 dan Al Baqarah: 177

§ Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu'afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu'afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
·    Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh'afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177

Jenis Tagihan:
Tugas Individu


Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan


2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 14-27.
§ Buku-buku   yang  relevan.



SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  XI / 1
Aspek                              :  Akidah
Standar Kometensi          :  3.  Meningkatkan keimanan  kepada Rasul-rasul Allah
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1  Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah

Beriman kepada Rasul-rasul Allah:
§ - Tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
§ Mendiskusikan dalam kelompok tentang tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mempresentasikan hasil diskusi tentang tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah

§ Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah.
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas.

2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-37.
§ Buku-buku   yang  relevan.
3.2  Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah

Beriman kepada Rasul-rasul Allah:
- Contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mempresentasikan hasil diskusi tentang contoh-contoh beriman kepada rasul-rasul Allah.
§ Mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mampu mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah.
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat


2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-37.
§ Buku2 yg relevan.
3.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan  keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari

Beriman kepada Rasul-rasul Allah :
§ - Perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,  peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
§ Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mempraktikkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam pembelajaran.
§ Meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah.
§ Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
§ Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah
Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-37.
§ Buku2 yg relevan.



SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  XI / 1
Aspek                              :  Akhlak
Standar Kometensi          :  4.  Membiasakan berperilaku terpuji
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
4.1  Menjelaskan pengertian  taubat dan raja`

Taubat dan Raja' :
§ Pengertian Taubat
§ Pengertian Raja'
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
§ Mendiskusikan pengertian taubat
§ Mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian taubat
§ Mendiskusikan pengertian raja'.
§ Mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian raja'.
§ Mampu menjelaskan pengertian taubat
§ Mampu menjelaskan pengertian raja'

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 38-48.
§ Buku-buku yang  relevan.
4.2  Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`

Taubat dan Raja' :
§ Contoh Perilaku Taubat
§ Contoh Perilaku Raja'
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku taubat.
§ Menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat.
§  Mempraktikkan contoh-contoh perilaku  raja'.
§ Menunjukkan contoh-contoh perilaku raja'.

§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja'

Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar Pengamatan


2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 38-48.
§ Buku2 yg relevan.
4.3  Membiasa-kan perilaku bertaubat dan  raja` dalam kehidupan sehari hari

Pembiasaan Taubat dan Raja' dalam kehidupan sehari-hari.
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,  peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
§ Membiasakan raja' dalam pembelajaran.
§ Membiasakan taubat dalam pembelajaran.
§ Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja' dalam kehidupan sehari-hari.
Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 38-48.
§ Buku-buku   yang  relevan.



SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  XI / 1
Aspek                              :  Fikih
Standar Kometensi          :  5.  Memahami hukum  Islam  tentang Mu'amalah
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
5.1     Menjelaskan  asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam

Transaksi Ekonomi dalam Islam:
- Asas-asas transaksi  ekonomi dalam Islam
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mendiskusikan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam dalam kelompok.
§ Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.

§ Mampu menjelaskan ketentuan hukum jual beli.
§ Mampu mengemukakan dalil tentang dalil tentang jual beli.
§ Menjelaskan macam-macam jual beli.
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 49-71.
§ Buku-buku   yang  relevan.
5.2  Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam 
Transaksi Ekonomi dalam Islam:
§ - Contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mendiskusikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam
·  Melakukan simulasi tentang transaksi ekonomi dalam Islam
§ Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
·    Mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 49-71.
Buku2 yg relevan.
5.3  Menerapkan  transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan transaksi ekonomi dalam Islam
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mendiskusikan tentang  transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
§ Mendiskusikan tentang  transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
§ Mendiskusikan tentang transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
§ Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 49-71.
Buku2 yg relevan.



SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  XI / 1
Aspek                              :  Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kometensi          :  6.  Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan ( 1250 – 1800 )
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
6.1  Menjelaskan perkembangan Islam pada  abad pertengahan

Perkembangan Islam pada abad pertengahan.
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mendiskusikan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan .
§ Diskusi dan tanya jawab tentang manfaat dari perkembangan Islam pada abad pertengahan

§ Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas

2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 72-85.
§ Buku-buku   yang  relevan.
6.2  Menyebut-kan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan

Contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·      Mengidentifikasi dari peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
§ Mendiskusikan contoh-contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.

·      Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad  pertengahan
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas


2 jam
§ Al-Qur'an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 72-85.
§ Buku-buku yang  relevan.
 Download Filenya Gratis
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. CLICK HERE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger