SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Al-Qur'an
Standar Kometensi : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang kompetisi dalam kebaikan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32 | § Surat Al Baqarah:148 § Surat Al Fatir: 32 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). · Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) · Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Membaca dengan fasih Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32. § Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32. | § Mampu membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar | Jenis Tagihan: Tugas Individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-13. § Buku-buku yang relevan. |
1.2 Menjelaskan arti Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32 | § Surat Al Baqarah:148 § Surat Al Fatir: 32 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32. § Mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 § Mendiskusikan terjemah Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 | § Mampu mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar. § Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar § Mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian singkat | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-13. § Buku-buku yang relevan. |
1.3 Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32 | § Surat Al Baqarah:148 § Surat Al Fatir : 32 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32. § Mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32. § Menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32. | § Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 § Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32. § Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32. | Jenis Tagihan: Tugas Individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-13. § Buku-buku yang relevan. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Al-Qur'an
Standar Kometensi : 2. Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.1 Membaca Q.S. Al Isra: 26–27 dan Q.S. Al-Baqarah: 177 | § Al-Qur'an Surat Al Isra : 26-27 § Al-Qur'an Surat Al Baqarah : 177 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Membaca Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 § Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 | § Mampu membaca Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 | Jenis Tagihan: Tugas Individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 14-27. § Buku-buku yang relevan. |
2.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Isra: 26-27 dan Q.S. Al Baqarah: 177 | § Q.S. Al Isra : 26-27 § Q.S. Al Baqarah : 177 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 § Mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 § Mendiskusikan terjemah Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 | § Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 § Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 § Mampu mendiskusikan terjemah Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian singkat | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 14-27. § Buku-buku yang relevan. |
2.3 Menampil-kan perilaku menyantuni kaum du'afa seperti terkandung dalam Q.S. Al-Isra: 26-27 dan Q.S. Al Baqarah: 177 | § Al-Qur'an Surat Al Isra: 26-27 § Al-Qur'an Surat Al Baqarah: 177 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu'afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra: 26-27 dan Al Baqarah: 177 § Mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu'afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra: 26-27 dan Al Baqarah: 177 § Menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh'afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra: 26-27 dan Al Baqarah: 177 | § Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu'afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 § Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu'afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 · Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh'afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 | Jenis Tagihan: Tugas Individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 14-27. § Buku-buku yang relevan. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Akidah
Standar Kometensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah | Beriman kepada Rasul-rasul Allah: § - Tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan | § Mendiskusikan dalam kelompok tentang tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah. § Mempresentasikan hasil diskusi tentang tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah | § Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah. § Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah. | Jenis Tagihan: Tugas individu Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian bebas. | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-37. § Buku-buku yang relevan. |
3.2 Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah | Beriman kepada Rasul-rasul Allah: - Contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan | § Mendiskusikan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah. § Mempresentasikan hasil diskusi tentang contoh-contoh beriman kepada rasul-rasul Allah. § Mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah. | § Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah. § Mampu mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah. | Jenis Tagihan: Tugas individu Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian singkat | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-37. § Buku2 yg relevan. |
3.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari | Beriman kepada Rasul-rasul Allah : § - Perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari. | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan | § Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul-rasul Allah. § Mempraktikkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam pembelajaran. § Meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah. | § Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah § Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah | Jenis Tagihan: Tugas individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-37. § Buku2 yg relevan. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Akhlak
Standar Kometensi : 4. Membiasakan berperilaku terpuji
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.1 Menjelaskan pengertian taubat dan raja` | Taubat dan Raja' : § Pengertian Taubat § Pengertian Raja' | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan | § Mendiskusikan pengertian taubat § Mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian taubat § Mendiskusikan pengertian raja'. § Mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian raja'. | § Mampu menjelaskan pengertian taubat § Mampu menjelaskan pengertian raja' | Jenis Tagihan: Tugas individu Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian singkat | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 38-48. § Buku-buku yang relevan. |
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja` | Taubat dan Raja' : § Contoh Perilaku Taubat § Contoh Perilaku Raja' | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan | § Mempraktikkan contoh-contoh perilaku taubat. § Menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat. § Mempraktikkan contoh-contoh perilaku raja'. § Menunjukkan contoh-contoh perilaku raja'. | § Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat § Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja' | Jenis Tagihan: Tugas individu Bentuk instrumen: Lembar Pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 38-48. § Buku2 yg relevan. |
4.3 Membiasa-kan perilaku bertaubat dan raja` dalam kehidupan sehari hari | Pembiasaan Taubat dan Raja' dalam kehidupan sehari-hari. | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan | § Membiasakan raja' dalam pembelajaran. § Membiasakan taubat dalam pembelajaran. | § Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja' dalam kehidupan sehari-hari. | Jenis Tagihan: Tugas individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 38-48. § Buku-buku yang relevan. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Fikih
Standar Kometensi : 5. Memahami hukum Islam tentang Mu'amalah
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
5.1 Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam | Transaksi Ekonomi dalam Islam: - Asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mendiskusikan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam dalam kelompok. § Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam. | § Mampu menjelaskan ketentuan hukum jual beli. § Mampu mengemukakan dalil tentang dalil tentang jual beli. § Menjelaskan macam-macam jual beli. | Jenis Tagihan: Tugas Individu Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian singkat | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 49-71. § Buku-buku yang relevan. |
5.2 Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam | Transaksi Ekonomi dalam Islam: § - Contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam. | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mendiskusikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam · Melakukan simulasi tentang transaksi ekonomi dalam Islam | § Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam. · Mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam | Jenis Tagihan: Tugas Individu Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian singkat | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 49-71. Buku2 yg relevan. |
5.3 Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari | Penerapan transaksi ekonomi dalam Islam | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mendiskusikan tentang transaksi ekonomi Islam dalam jual beli § Mendiskusikan tentang transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam § Mendiskusikan tentang transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa | § Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual beli § Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam § Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa | Jenis Tagihan: Tugas kelompok Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 49-71. Buku2 yg relevan. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kometensi : 6. Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan ( 1250 – 1800 )
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan | Perkembangan Islam pada abad pertengahan. | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mendiskusikan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan . § Diskusi dan tanya jawab tentang manfaat dari perkembangan Islam pada abad pertengahan | § Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan. § Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan | Jenis Tagihan: Tugas individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian bebas | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 72-85. § Buku-buku yang relevan. |
6.2 Menyebut-kan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan | Contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan. | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | · Mengidentifikasi dari peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan. § Mendiskusikan contoh-contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan. | · Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan. § Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan | Jenis Tagihan: Tugas individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian bebas | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 72-85. § Buku-buku yang relevan. |
Download Filenya Gratis
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !