SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Al-Qur'an
Standar Kometensi : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Membaca Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78 | § Q.S. Al-Baqarah: 30 § Q.S. Al-Mukminun: 12-14 § Q.S. Az-Zariyat: 56 § Q.S. An Nahl: 78 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Membaca dengan fasih Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 § Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 | § Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar. § Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 | Jenis Tagihan: Tugas Individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17. § Buku-buku yang relevan. |
1.2 Menyebut-kan arti Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78 | § Q.S. Al-Baqarah: 30 § Q.S. Al-Mukminun: 12-14 § Q.S. Az-Zariyat: 56 § Q.S. An Nahl: 78 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mengartikan perkata Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 § Mengartikan per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 § Menterjemahkan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 § Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 | § Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar § Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 § Mampu menterjemahkan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian singkat | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17. § Buku-buku yang relevan. |
1.3 Menampil-kan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78 | § Q.S.. Al-Baqarah: 30 § Q.S.. Al-Mukminun: 12-14 § Q.S.. Az-Zariyat: 56 § Q.S.. An Nahl: 78 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mengidentifikasi perilaku Khalifah yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78 § Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78 § Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan. | § Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78 § Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78 § Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan. | Jenis Tagihan: Perilaku individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17. § Buku-buku yang relevan. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Al-Qur'an
Standar Kometensi : 2. Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang keikhlasan dalam beribadah
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.1 Membaca Q.S. Al An'am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 | § Q.S. Al-An'am; 162-163 § Q.S. Al-Bayyinah: 5 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Membaca dengan fasih Q.S Al-An'am: 162-163 § Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An'am: 162-163 | § Mampu membaca Q.S Al-An'am: 162-163 dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-An'am: 162-163 | Jenis Tagihan: Tugas Individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-27. § Buku-buku yang relevan. |
2.2 Menyebut-kan arti Q.S. Al An'am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 | § Q.S. Al-An'am; 162-163 § Q.S. Al-Bayyinah; 5 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mengartikan perkata Q.S Al-An'am: 162-163 § Mengartikan per-ayat Q.S Al-An'am: 162-163 § Mendiskusikan terjemah Q.S Al-An'am: 162-163 | § Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An'am: 162-163 § Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An'am: 162-163 § Mampu menterjemahkan Q.S Al-An'am: 162-163 | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Isian singkat | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-27. § Buku-buku yang relevan. |
2.3 Menampil-kan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam Q.S. Al An'am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 | § Q.S. Al-An'am; 162-163 § Q.S. Al-Bayyinah; 5 | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An'am: 162-163 § Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An'am: 162-163 § Menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An'am: 162-163 | § Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An'am: 162-163 § Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An'am: 162-163 § Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An'am: 162-163 | Jenis Tagihan: Perilaku individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-27. § Buku-buku yang relevan. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Akidah
Standar Kometensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1 Menyebut-kan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | Asmaul Husna: § 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Membaca buku sumber yang berkaitan pengertian sifat-sifat Allah. § Mendiskusikan arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna. | § Mampu menyebutkan arti sifat Allah. § Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian bebas | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44. § Buku2 yg relevan. |
3.2 Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | Asmaul Husna: § 10 Asmaul Husna dan artinya | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Membaca buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna. § Menjabarkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | § Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna. § Mampu menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian singkat | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44. § Buku2 yg relevan. |
3.3 Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul Husna | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. § Menerapkan perilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. | § Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. § Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | Jenis Tagihan: Tugas Individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44. § Buku2 yg relevan. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Akhlak
Standar Kometensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.1 Menyebut-kan pengertian perilaku husnuzhan | Husnuzhan: § - Pengertian Perilaku Husnuzhan | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan | § Mendiskusikan pengertian perilaku husnu zhan. § Mengidentifikasi prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan. | § Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah § Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri sendiri. § Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama manusia. | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian bebas | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56. § Buku2 yg relevan. |
4.2 Menyebut-kan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia | Husnuzhan: § Contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia. | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah. § Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri. § Mendiskusikan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia. | § Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah § Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri sendiri. § Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama manusia. | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56. § Buku2 yg relevan. |
4.3 Membiasa-kan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari | Husnu zhan : § Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari. | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah. § Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri. § Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia. | § Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah § Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri. § Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia. | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56. § Buku2 yg relevan. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Fikih
Standar Kometensi : 5. Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
5.1 Menyebut-kan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur'an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam | Sumber hukum Islam: § Al-Qur'an - Pengertian - Kedudukan - Fungsi § Al-Hadits - Pengertian - Kedudukan - Fungsi § Ijtihad - Pengertian - Kedudukan - Fungsi | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur'an sebagai sumber hukum Islam. § Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam. § Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Ijtihad sebagai sumber hukum Islam. | § Mampu menyebutkan pengertian Al-Qur'an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam § Mampu menjelaskan kedudukan Al-Qur'an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam § Mampu menjelaskan fungsi Al-Qur'an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam. § Mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur'an. § Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits. | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian bebas Uraian singkat | 4 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 57-75. § Buku2 yg relevan. |
5.2 Menjelaskan pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam | Hukum Taklifi : § Pengertian hukum taklifi. § Kedudukan hukum taklifi. § Fungsi Hukum Taklifi dalam Hukum Islam | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mendiskusikan pengertian hukum taklifi dalam hukum Islam § Mendiskusikan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam § Mendiskusikan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam | § Menjelaskan pengerti hukum taklifi dalam hukum Islam § Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam § Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam. | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian bebas | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 57-75. § Buku-buku yang relevan. |
5.3 Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari | Hukum taklifi: § Penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari. | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mendiskusikan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi. § Mempraktikkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi. § Menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi. | § Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi. § Mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi. § Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 57-75. § Buku-buku yang relevan. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kometensi : 6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Penca-paian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
6.1 Mencerita-kan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah | Keteladanan Rasulullah SAW: § - Dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah. | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode Makkah § Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Makkah § Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah Rasulullah periode Makkah. | § Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah. § Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode makkah. § Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat. | Jenis Tagihan: Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 76-89. § Buku-buku yang relevan. |
6.2 Mendeskrip-sikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah | Keteladanan Rasulullah SAW : § -Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah | § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab | § Percaya diri (keteguhan hati, optimis). § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan) | § Mendiskusikan dalam kelompok tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah § Presentasi hasil diskusi kelompok tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah. | § Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah. § Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah. | Jenis Tagihan: Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | § Al-Qur'an dan terjemah. § Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 76-89. § Buku-buku yang relevan. |
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !