Kelas/ Semester : XI / 1
Materi Pokok : Sistem Gerak Pada Manusia
Pertemuan ke : 1
Metode : Ceramah, diskusi kelompok, Tanya tawab
Pendekatan : Pendekatan Konsep
Waktu : 2 x 45 menit
I. Standar Kompetensi
Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.
II. Kompetensi Dasar
Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia.
III. Indikator
Siswa mampu mengidentifikasi menunjukkan nama-nama tulang dengan menggunakan torso.
IV. Materi Pembelajaran
Struktur tulang, sendi, otot
V. Startegi Belajar Mengajar
Kegiatan | Waktu | Aspek Life Skill yang dikembangkan |
I. PENDAHULUAN Apersepsi: guru memberikan pertanyaan-pertanyaan pembuka, yaitu: 1.Bila siswa melakukan pindah tempat apakah termasuk suatu gerak? 2.Mengapa manusia bisa melakukan suatu gerak? | 10 menit | Afektif: Kemampuan menyampaikan pendapat Kognitif: Pengetahuan awal (dasar) |
II. INTI 1. Guru membawa torso kemudian menunjukkan bagian-bagian (nama) tulang menggunakan torso tersebut. 2. Guru menyuruh salah satu siswa untuk maju menunjukkan bagian tulang yang masih mereka ingat. 3. Guru menjelaskan tentang sendi dan otot. 4. Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan tentang hal-hal yang belum jelas. | 70 menit | Kognitif: Penguasaan materi |
III. PENUTUP Kesimpulan Guru memberi tugas pada siswa untuk mencari fungsi dari tulang, sendi, dan otot serta mekanisme gerak pada manusia. | 10 menit |
VI. Media
1. LKS
2. Buku Referensi
VII. Penilaian dan Tindak lanjut
1. Jenis Tagihan
2. Ulangan Harian, Tugas Individu
3. Tindak lanjut
4. Remidial bagi siswa yang belum menguasai materi.
VIII. Sumber bacaan
1. Buku yang relevan
2. Internet
Download Filenya Gratis
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !