Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester :VII/I
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2x pertemuan)
A. Standar Kompetensi : Memahami Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan
B. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Proses Perolehan Nutrisi dan Transfortasi Energi Pada
Tumbuhan Hijau
C. Tujuan Pembelajaran :
Setelah Pembelajaran , Siswa Diharapkan Mampu:
1. Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis
2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
D. Materi Pembelajaran : Fotosintesis
E. Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Ceramah, Diskusi, Eksperimen.
F. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
a. Kegiatan Awal
· Guru mengadakan Tanya jawab dengan peserta didik tentang fotosintesis
b. Kegiatan Inti :
· Guru memberi penjelasan tentang fotosintesis.
· Peserta didik mendiskusikan proses fotosintesis.
· Peserta didik secara kelompok mengamati struktur jaringan pada tumbuhan dengan menggunakan mikroskop.
· Mmengidentifikasi letak epidermis, kortek dan stele dengan menggunakan carta struktur tubuh tumbuhan.
· Mempersentasikan hasil kegiatan.
c. Kegiatan Penutup :
· Peserta didik melakukan rangkuman dengan bimbingan guru.
· Guru memberi penguatan terhadap materi yang telah diterima.
· Uji kompetensi
G. Sumber Belajar : Buku IPA, Lingkungan sekitar
H. Penilaian :
Indikator | Penilaian | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Instrumen | ||
· Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di akar, batang dan daun · Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan · Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan | Tes tulis Tes Unjuk kerja Tes tulis | Tes PG Tes identifikasi Tes uraian | Yang berfungsi mengangkut hasil fotositesis adalah .... a. Xilem c. Stomata b. Floem d.Lenti sel Berdasarkan carta struktur akar berikut ini, tunjukkanlah letak kortek dan letak epidermis Deskripsikan fungsi jaringan meristem pada bagian ujung akar |
WebRep
Overall rating
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !